Wedding Preparation

Dibalik lancarnya acara pernikahan saya, banyak sekali yang membantu. Mulai dari keluarga, teman-teman, dan terutama vendor-vendor.

1. KUA Lengkong

Ini yang paling penting dari segala persiapan pernikahan. Percuma dong kalo persiapan yang lain beres, tapi lupa ngurusin ke KUA. Biaya pernikahan Rp. 600.000,-. Apa aja yang harus disiapkan?

Syarat-syarat dari KUA

2. Gedung Sentral Bisnis Koperasi (Senbik)

Setelah lamaran, hal pertama yang kami cari adalah gedung. Untuk yang tinggal di kota besar mungkin sudah pada tau kalau booking gedung itu harus dari jauh-jauh hari. Bahkan ada yang sejak setahun sebelum hari H sudah booking. Tapi saya baru mulai mencari 5 bulan sebelum hari H. Rencana awal kami akan menikah tanggal 16 Mei 2015. Hampir 10 gedung kami kunjungi dan tidak ada satu gedung pun yang kosong di tanggal tersebut. Karena kami ingin tetap menikah di bulan Mei, maka terpaksa kami majukan tanggalnya menjadi tanggal 14 Mei 2015, tepat di hari Kamis. Sengaja kami pilih tanggal 14 karena tanggal tersebut tanggal merah, jadi walau bukan weekend diharapkan tamu-tamu undangan tetap bisa hadir.

Karena perubahan tanggal itulah akhirnya kami bisa booking gedung Senbik. Pertimbangan memilih gedung ini karena jarak yang terletak di tengah-tengah, keluarga saya kan ada yang dari Cileunyi dan keluarga Jaka dari Tanjungsari. Lalu, kondisi gedung yang terawat dengan baik dan area parkir yang luas juga menjadi pertimbangan kami.

3. Astria Wedding Gallery

Setelah mendapat gedung, saya mencari vendor untuk make-up. Tidak terlalu pusing karena saya ingin menggunakan jasa make-up ketika teteh-teteh saya menikah.

Astria Makeup
Kebaya saat Akad
kclIMG_8192
Baju untuk pager ayu dan pager bagus

Di Astria, saya mengambil paket Make-Up Lengkap, Dekorasi, Upacara Adat, Mapag Panganten, dan MC. Di minggu-minggu terakhir akhirnya saya mengambil paket WO juga karena takut acara menjadi keteteran.

kclIMG-20150519-WA0015
Dekorasi 12 Jam sebelum hari H
kclIMG-20150519-WA0017
Dekorasi 12 Jam sebelum hari H (2)
kclIMG-20150519-WA0018
Dekorasi 12 Jam sebelum hari H (3)

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

JpegAlhamdulillah. Saya sangat puas dengan pelayanan dari team astria terutama Teh Tia. Make Up suka banget, dekorasi gedung sama pelaminan juga suka banget. Team WO juga komopak. Pokonya mulai dari persiapan-persiapan sampai saat hari H nya, saya dan keluarga tidak merasa dikecawakan oleh team Astria. Telimakicih :*

4. RA Catering

Memilih katering pun saya tidak bingung karena sudah ada katering langganan keluarga. Kami memilih paket katering parasmanan 1200 porsi dengan 6 stand dan 3 dessert ditambah sarapan 100 porsi. Tapi di H-2 porsi sarapan dan parasmanan ditambah lagi 100 porsi karena ketakutan banyak undangan yang tidak terduga.

Alhamdulillah, sampai akhir acara parasmanan dan beberapa stand masih ada bahkan sisanya bisa dibawa pulang.

5. Anaia Photography

Untuk dokumentasi kami mengandalkan Instagram untuk mencari vendor yang cocok. Akhirnya pilihan jatuh ke Anaia dengan pertimbangan harga dan kualitas foto serta video.

Anaia Photo IMG-20150615-WA0007  IMG-20150615-WA0021Sejak awal sampai hari H, akang dari Anaia ramah banget jadi kami ga sungkan untuk meminta tolong ini dan itu heheh

6. Trigie Music

5 bulan sebelum hari H ada pameran pernikahan di PUSDAI dan kebetulan saya melihat Trigie sebagai salah satu vendor yang ada disana. Sebelumnya saya sudah diberi brosur Trigie oleh teman saya, jadi saat mengetahui trigie menjadi salah satu pengisi pameran, kami langsung berangkat. Setelah melihat live demo dari Trigie akhirnya kami mantap menggunakan jasa trigie.

Kami memilih paket 2 vokal, 1 keyboard, 1 bass, dan 1 biola. Saat hari H, jujur saya tidak terlalu memperhatikan penampilan dari Trigie karena riweuh sama tamu undangan yang ga berhenti-berhenti. Tapi dari testimoni beberapa undangan, penampilan Trigie memuaskan. Alhamdulillah.

7. Orikarikatur

Kami termasuk salah satu pasangan pengantin yang tidak melakukan foto prawedding khusus. Alasannya karena kami merasa tidak terlalu bagus kalau difoto hehe. Walau beberapa keluarga sedikit menyayangkan karena kami tidak melakukan foro prawedding, tapi kami sama sekali tidak menyesal bahkan bangga karena kami ‘beda’.

Yang membedakan adalah foto prawedding kami ganti dengan karikatur prawedding. Mencari yang membuat karikatur pun membutuhkan waktu beberapa minggu karena mencari hasil gambar yang benar-benar bagus. Jatuhlah pilihan ke orikarikatur. Kami membuat 3 konsep, yaitu Kuliah, Kerja, dan Nikah.

Ori Karikatur Ori Karikatur Ori Karikatur

8. Undangan

Untuk pembuatan undangan, kami berdua sudah kecapean pergi kesana kemari mencari vendor. Akhirnya berdasarkan rekomendasi teman saya, kami membuat undangan ke temannya teman saya. Setelah diberi beberapa pilihan contoh undangan, kami memutuskan untuk menggunakan desain undangan sendiri tidak memakai template yang ada karena terlalu ‘mainstream‘. Setelah googling sana sini, ubah sana sini, akhirnya inilah undangan pernikahan kami.

Undangan Nikah Undangan Nikah   Undangan Nikah

Dan untuk sebagian undangan kami beri undangan digital hasil karya Jaka.

Undangan Nikah
9. Souvenir

Untuk souvenir kami juga memilih yang jarang didapat dari undangan-undangan lainnya, tapi tetep cari yang murah meriah. Setelah bolak balik Cibadak dan browsing selama berhari-hari, pilihan jatuh ke sisir kayu. Berhubung males ke Cibadak lagi, akhirnya kami milih untuk beli di Baltos aja.

Jpeg

 

7 Comments

  1. nadia

    August 19, 2015 at 1:36 am

    sist, boleh minta brosur trigie music ke nadiawatyfaisal@yahoo.com , terima kasih

  2. ami

    November 16, 2015 at 4:21 am

    teh, waktu daftar di KUA Lengkong diminta biaya tambahan ngga?

    1. ica

      November 27, 2015 at 8:39 am

      iya ada, ongkos untung ngurus ini itu nya 😀

  3. Miftah Farid

    February 16, 2016 at 8:26 am

    Blognya bagus banget kak ^^
    Selamat pagi kakak. 🙂 maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

  4. Rani S

    February 8, 2018 at 9:57 am

    boleh minta list harga untuk souvernir nya?

    1. annisaa_ica_blog

      February 8, 2018 at 1:29 pm

      Wah udah lama banget mba. Udah lupa. Hehe.

  5. Icha Harahap

    February 26, 2018 at 5:30 pm

    Orikarikatur nya lucuu 🙂

Leave a Reply