Pra Jabatan

Pra Jabatan adalah salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh CPNS sebagai salah satu syarat untuk menjadi PNS. Saya kebagian jadwal Pra Jabatan pada bulan Maret 2016 di Pusdiklat Kemdikbud Sawangan, Depok selama 15 hari, lalu di kantor selama 15 hari, lalu kembali ke Pusdiklat lagi selama 3 hari.

Saat itu usia Rafa (anak saya) masih 2 bulan. Sedihnya bukan main. Sebenernya bisa aja sih diundur jadwalnya, tapi saya pikir lebih baik Rafa saya tinggal saat masih bayi dan belum terlalu ‘ngerti’ daripada harus meninggalkan Rafa ketika dia sudah kenal banget dengan saya (lebih baik lagi kalau ga ditinggalin, huhu). Dan sebenernya juga bisa sih bawa anak ke tempat diklatnya, disana disediakan kamar khusus untuk yang membawa keluarga, tapi harus bawa yang ngasuh tentunya. Awalnya, saya memutuskan untuk tidak bawa Rafa dulu kesana, saya mau lihat situasi dan kondisi disana dulu, memungkinkan atau tidak, nyaman atau tidak. Setelah sampai disana, saya adaptasi dengan jadwal kegiatan, saya observasi tempat, tanya-tanya juga dengan teman yang membawa anak kesana, dan akhirnya saya putuskan untuk tidak membawa Rafa tinggal bersama saya disana.

Rafa pernah mengunjungi saya setelah seminggu saya disana dan hanya menginap satu hari saja, itupun karna saya kangen berat dan persediaan ASI di rumah sudah habis, jadi sekalian suami bawa stok ASI yang saya kumpulkan selama disana, sekalian kangen-kangenan sama Rafa. Disana pun Rafa malah demam, jadinya sepanjang malam rewel, sedih banget.

Kenapa saya tidak bawa Rafa kesana?

Saat itu pertimbangan yang cukup memberatkan adalah pengasuh Rafa alias Ibu saya. Kalau saya bawa Rafa beserta Ibu saya kesana, kasian Ibu saya. Disana beliau harus cari makan sendiri, ketika saya di kelas beliau juga sendirian, sementara Ibu saya tidak biasa sendirian, kalau di rumah kan banyak yang bantu dan temenin, termasuk ada suami saya. Anak saya pun masih 2 bulan, yang artinya masih bayi banget. Masih sering pipis dan pup, minum ASI masih 2 jam sekali, masih harus bergadang setiap malam. Mau bawa orang lain lagi, siapa?

Oke, kembali soal Pra Jabatan.

PERSIAPAN

Di surat undangannya sudah tertera apa yang harus dipersiapkan. Selain kelengkapan administrasi juga mengenai pakaian selama disana. Untuk pakaian, setiap hari menggunakan atasan putih dan bawahan hitam, juga menggunakan dasi. Untuk perempuan pakai rok atau celana? Bebas asal sopan. Sepatu dan kerudung harus hitam juga? Tidak. Eh tapi ini tergantung instansinya yaaa. Bawa baju olahraga juga, karena setiap pagi ada senam, jangan lupa sepatu olahraganya.

Prajabatan Kemdikbud-2

JADWAL KEGIATAN

Seingat saya, kegiatan dimulai dengan olahraga pukul 5 – 6 pagi. Lalu, apel pukul 7. Materi pertama dimulai pukul 7.30. Waktu istirahat di sela-sela materi hanya 30 menit. Waktu istirahat makan siang 1 jam. Materi terakhir ada yang sampai pukul 21.30.

Prajabatan Kemdikbud

Padet, belum ditambah dengan tugas yang harus dikerjakan untuk dikumpulkan keesokan harinya. Jarak antara kelas dan asrama lumayan jauh sekitar 10 menit jalan kaki. Untuk pumping pun saya harus pintar mengatur waktu, beberapa kali terlambat masuk kelas karena pumping.  Biasanya saya pumping di jeda pergantian materi yang hanya 30 menit, dikurangi mengambil snack dulu ke ruang makan sekitar 10 menit, untuk busui mengambil snack itu penting demi ASI yang melimpah (padahal mah doyan).

MATERI

Materi selama pra jabatan semua tentang ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi). Untuk proses belajarnya lebih banyak diskusi kelompok, jadi ga terlalu ngantuk (boong sih, tetep aja ngantuk).

Prajabatan Kemdikbud

Prajabatan Kemdikbud

Ujiannya pun tentang ANEKA. Ujiannya ada dua. Yang satu tes tertulis tentang materi yang sudah didapat selama diklat, satu lagi mempresentasikan rancangan aktualisasi.

Prajabatan Kemdikbud
Seminar akhir yang bikin deg-degan
TIPS
  1. Bawa steker / colokan listrik, karena di kelas colokannya terbatas
  2. Bawa peralatan mencuci (detergen, setrika, gantungan baju), kecuali mau bawa pakaian sejumlah hari disana atau laundry. Tapi menurut saya laundry mahal (1 lembar kemeja = 5000).
  3. Kalau punya printer dan merasa ga ribet, mending dibawa aja. Serius, ini butuh banget untuk tugas akhir. Disana disediakan tempat ngeprint sih, tapi harus antri.
  4. Bawa obat-obatan. Wajib. Untuk jaga-jaga. Tapi ga usah khawatir sih, disana ada klinik + dokternya.
  5. Bawa Mie Instan Cup. Makanan disana terjamin sih, enak dan bervariasi juga, tapi kadang ada makanan yang kita ga suka atau alergi, mau beli keluar jauh dan panas, yaudah nge-mie aja. Hehe.
So, Prajab susah ga sih? Susah 🙂 

Leave a Reply