JERAWAT

 

Sudah 5 bulan ini saya dapet banyak tamu jerawat. Sebelumnya kalau ada jerawat paling banyak tiga dan cepat hilangnya. Tapi sekarang datangnya rame-rame, besar-besar, dan betah banget di muka ga hilang-hilang. Kepercayaan diri saya hilang perlahan-lahan. Sekarang makin ga mau difoto apalagi selfie. Liat cermin pun rasanya males.

Salah satu penyebab jerawat itu adalah stres. Nah ngeliat jerawat makin banyak gini siapa yang ngga stres. Setiap ketemu orang selalu tanya, “Ica ko jerawatan?”, apalagi waktu lebaran kemarin, sampai bosen jawab pertanyaan yang satu ini.

Awal mula jerawatan ini karena saya coba ke klinik kecantikan. Saya ingin menghilangkan flek-flek hitam bekas jerawat, komedo, dan berminyak. Kebetulan saat kesana, wajah saya sedang ada jerawat. Sehingga saya diberi produk perawatan (krim siang, krim malam, dan pembersih muka) untuk wajah berjerawat. 2 minggu setelah pakai produk perawatan tersebut, wajah saya mulai muncul jerawat-jerawat kecil. Mungkin ini yang dinamakan breakout atau purging atau apalah istilahnya. Saya langsung stop karena kaget dan takut. Padahal setelah browsing sana sini, harusnya saat breakout ini pemakaian produk diteruskan saja. Karena breakout ini salah satu proses perawatannya.

Tapi ya saya terlanjur berhenti. Sekitar 4 hari saya tidak menggunakan apa-apa, sambil mencari-cari produk non dokter / non klinik kecantikan sebagai penggantinya. Akhirnya pilihan jatuh ke The Body Shop Tea Tree Series. Awalnya saya beli yang travel pack dulu secara online, kan sayang kalau udah beli mahal-mahal tapi ga cocok. Hehehe. Saya juga pakai masker kefir setiap malam, sementara pagi-paginya wajah saya digosok jeruk nipis. Setiap hari saya tidur dengan dialasi kain yang setiap hari diganti, takutnya jerawat makin banyak karena debu di bantal.

Alhamdulillah, ternyata jerawat saya mulai membaik. Duh senengnya. Langsung deh beli TBS yang kemasannya besar. Udah bahagia banget rasanya dapet produk yang cocok. Tapi ternyata 2 minggu setelah itu, wajah saya mulai ditumbuhi jerawat lagi. Jerawat yang tumbuh mulai besar-besar dan sakit. Tumbuhnya pun tidak hanya satu tapi langsung banyak.

Tea Tree Oil TBS mulai tidak menunjukan kinerjanya di jerawat-jerawat ini. Seminggu dioles, ga ada perubahan di jerawatnya, padahal biasanya tea tree oil ini bisa mengeringkan jerawat dalam maksimal 3 hari. Masker kefir dan jeruk nipis pun tidak memberikan perubahan berarti. Saya mulai frustasi. Dari sinilah saya mulai meninggalkan satu persatu produk TBS, takutnya tidak cocok. Saya juga mulai mencari produk yang lain. Hampir setiap hari saya browsing, yutubing, dan nongkrong di forum kecantikan demi mencari produk-produk skincare yang kira-kira cocok dengan kulit saya dan tentu saja yang bisa menghilangkan jerawat ini. Saya mulai mencoba berbagai masker alami, seperti masker jahe + cuka. Tapi jerawat tetap bertahan. Hilang satu, muncul tiga. Kadang muncul di tempat yang sama.

Gambar di atas adalah foto beberapa produk yang sudah saya beli, ada yang sudah dipakai dan ada yang belum.

Saya makin kepikiran dengan jerawat ini saat seminggu yang lalu saya jalan-jalan di salah satu pusat perbelanjaan, lalu ada seorang ibu yang tiba-tiba menanyakan kondisi wajah saya lalu menyerahkan kartu namanya, katanya beliau adalah dokter kecantikan. Lalu beberapa hari kemudian, saya ke nikahan teman dan foto bersama pengantin. Fotonya diunggah di grup Whatsapp dan komen yang muncul adalah “Ica jerawatan sekarang?”. Hellloooow, itu difoto dari jauh loh dan tetep keliatan kalau muka ini jerawatan.

Saya mulai putus asa. Awalnya saya berniat tidak akan pergi ke dokter atau klinik kecantikan karena takut ketergantungan. Tapi saat bulan puasa, jerawat mulai menyebar ke area tubuh lain. Saya makin panik. Saya curiga ini bukan lagi karena salah produk perawatan. Jadi saya memutuskan untuk pergi ke dokter kulit.

Saya percaya dengan kata-kata dibawah ini:

Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha

Saat ini, Allah sedang menguji kesabaran saya dengan memberikan jerawat ini. Dengan diberikan jerawat ini, saya jadi lebih mengerti perasaan orang lain yang pernah atau sedang mengalami hal yang sama. Saya juga jadi mendapatkan ilmu baru mengenai berbagai perawatan wajah, karena sering browsing. Hehe.

Mohon doa dari semuanya, mudah-mudahan jerawatnya segera pergi dan ga betah diem di muka saya. Aaamiin.

Btw, ini kondisi muka saya saat ini, siapa tau ada yang penasaran. Fotonya agak diedit dikit, biar yang liat ga terlalu jijik. hihi~

Jerawat

7 Comments

  1. Putri

    July 7, 2017 at 4:45 am

    Semangat!! pasti sembuh kok 🙂

    Btw, aku mengatasi jerawat pakai lidah buaya, bukan langsung sih tapi pake yang wardah aloe vera hydrating gel nya. pas pertama pakai amazing bgt, malam diolesin pas bangun tidur jerawatnya kering hahaha.

    Salam kenal,
    Putri

    1. ica

      July 10, 2017 at 1:57 am

      Pernah ada yg rekomendasiin juga, tapi belum dicoba. Hehe

      Terimakasih. Salam kenal juga 🙂

  2. octyvz

    July 8, 2017 at 8:03 am

    besok di kantor bocorin dong sist awalnya ke klinik kecantikan apa? Haha. Aku jd sieun yeuh :p

    1. ica

      July 10, 2017 at 1:57 am

      Sini aku bisikin :p

  3. Tatat

    July 8, 2017 at 9:37 am

    Semoga cepet berkurang jerawatnya yaa.. tea tree series yang tak terpakai boleh dilempar kemari kak 😉 hehe..

    1. ica

      July 10, 2017 at 1:58 am

      Waaah banyak yg pengen dilempar sama tea tree series nih hehe

  4. Mengobati Jerawat - ica's life

    January 10, 2018 at 4:05 am

    […] Sekarang aku mau melanjutkan kisah tentang jerawat di wajah yang pernah aku tulis di sini. […]

Leave a Reply