Modul SMK RPL dan TKJ

Dulu waktu masih jadi guru, saya rajin bikin modul berbentuk pdf untuk bahan ajar dan belajar murid-murid saya.

Alasan saya mau repot-repot bikin modul karena saya merasa LKS yang diberikan oleh sekolah, materinya kurang lengkap dan terkadang kurang tepat sasaran.

Saya dulu mengajar siswa SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Mata pelajaran yang diberikan itu hampir mirip dengan materi mahasiswa yang kuliah di jurusan Ilmu Komputer, yang membedakan adalah pendalaman materinya. Kalau kuliah lebih dalam, rumit, dan kompleks, sementara SMK hanya dasar-dasar saja.

Nah, jadinya saya merasa lebih enjoy membuat modul sendiri. Bahan yang saya pakai buat modul diambil dari buku, internet, dan pengetahuan saya. Untuk soal latihan pun sama. Saya pun mencoba membuat penjelasan yang simpel dan mudah dimengerti untuk anak-anak seusia mereka.

Modul saya buat dengan format .pdf. Alasannya, karena siswa-siswa hampir semua punya laptop dan smartphone. Mereka lebih sering bersentuhan dengan gadget-gadget tersebut dibanding dengan buku. Untuk yang ga punya gadget, bisa diprint.

Modulnya saya upload di link : http://share.bianglala.web.id/

Ini salah satu alasan, kenapa akhirnya saya sewa hosting dan domain berbayar, biar bisa bebas simpen-simpen file.

Jika sewaktu-waktu saya tidak bisa hadir di kelas, saya memberikan tugas pada murid-murid lewat web ini juga dan hasil pekerjaan mereka kirim lewat email.

Untuk nilai murid pun saya punya tempat sendiri di : http://nilai.bianglala.web.id/

Sekarang, webnya udah ga pernah diupdate lagi. Sedih. Tapi murid-murid saya dulu, yang sekarang kuliah di jurusan komputer bilang mereka masih suka akses kalau mereka butuh penyegaran ingatan pelajaran saat SMK.

Saya buat modul itu tidak khusus untuk murid-murid saya aja. Tapi untuk semua yang merasa membutuhkan.

Jadi, kalau misalkan ada yang butuh tambahan pengetahuan, boleh loh didownload aja modul-modul saya. FREE.

Leave a Reply