Galeri Wayang Purwakarta

Saat dinas di Purwarkarta, saya berkesempatan mengunjungi Galeri Wayang yang berlokasi di Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Purwakarta untuk dinas. Biasanya ke Purwakarta hanya untuk makan sate maranggi di Cibungur saja.

Saya cukup terkesan dengan tata kota Kab. Purwakarta. Banyak patung-patung bernuansa tradisional tapi modern tersebar di berbagai lokasi.

 

Komplek Pemerintah Daerah Kab. Purwakarta

Taman Pancawarna

Taman Maya Datar

Sayang sekali, waktu luang yang bisa saya pakai untuk jalan-jalan sangat sedikit sehingga hanya bisa keliling-keliling di Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta saja. Padahal saya ingin sekali mengunjungi Air Mancur Sri Baduga Purwakarta yang lagi hits. Tapi, menurut warga setempat kalau mau kesana harus antri dari jam 1-an biar dapet tempat yang oke untuk lihat. Sementara waktunya mepet, jadi ya sudahlah, nanti saja di lain kesempatan.

Galeri Wayang

Galeri Wayang Kab. Purwakarta

Jadi, galeri wayang ini terletak di dalam Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta. Saat tiba saya langsung disambut oleh penerima tamu yang masih muda-muda dan berpakaian adat sunda.

Kalimat pertama yang meluncur dari mulut saya adalah, “Mas mba, masuknya bayar ga?”

Senyum saya langsung terkembang saat mereka bilang, “GA BAYAR BU. Silahkan Masuk.”

Yuhuuuuu~

(maapkeun mental gratisan eikeu yaaa)

Saya langsung bilang “WOW” saat masuk ke dalam. Keren banget sih ini. Ga ada kesan kuno yang saya dapatkan.

Galeri Wayang Kab. Purwakarta

Cocok banget buat kalian yang mau belajar mengenai sejarah perwayangan di Indonesia atau mau mulai mengenal nama-nama wayang yang ternyata ada banyak banget. Huhu. Saya cuma tau Arjuna, Srikandi, Cepot, sama Semar doang. Kayanya sih pas guru jelasin tentang materi wayang di sekolah saya lagi ke kamar mandi wkwkwk.

Galeri Wayang Kab. Purwakarta

Galeri Wayang Kab. Purwakarta
Bapak Farhan dari Disdik Kab. Purwakarta yang menemani saya kemari. Hatur nuhun ­čÖé

Galeri Wayang Kab. Purwakarta

Galeri Wayang Kab. Purwakarta

Untuk yang buta tentang perwayangan sama sekali, tenang aja, disini ada akang-akang yang menemani selama di dalam. Mereka akan dengan ramah menjelaskan berbagai wayang yang ada disini. Termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan konyol dan remeh temeh seperti pertanyaan-pertanyaan saya yang cuma tau wayang dari film india doang.

Galeri Wayang Kab. Purwakarta

Jadi, buat yang ke Purwakarta jangan lupa mampir ke Komplek Pemerintahan Kab. Purwakarta yaa. Selain bisa nongkrong-nongkrong cantik dan foto-foto di taman-taman yang ada di dalamnya, kalian juga bisa masuk ke Galeri Wayang dan dapat pengetahuan tentang Wayang.

1 Comment

  1. Ulya

    June 11, 2018 at 3:34 pm

    Wah seru banget kayaknya tuh… Pengen kesana uuuuu

Leave a Reply