Stunting?

Saya dan suami terkejut saat mendengar dokter spesialis anak mendiagnosis Rafa stunting. Selain stunting, Rafa juga di diagnosis hipotiroid kongenital.

Sejak lahir, BB dan TB Rafa memang minimalis namun masih tergolong normal. Pada usia 1 tahun lebih 6 bulan, Rafa divonis TB dan akhirnya menjalani pengobatan selama 6 bulan. Selesai pengobatan, BB dan TB Rafa hanya mengalami sedikit kenaikan saja tiap bulannya. Dokter anak yang menangani Rafa selalu bilang tidak apa-apa, yang penting anak sehat dan aktif. Saya pernah mencoba dokter anak lain, jawabannya anak dengan histori TB biasanya memang sulit naik BB. Apalagi Rafa memang sulit makan.

Sampai akhirnya, saya menemukan dokter anak yang bilang kalau Rafa sudah masuk malnutrisi ringan. Kebetulan saya punya teman yang punya masalah dengan BB anak juga dan dia memberikan rekomendasi salah satu dokter spesialis anak sub nutrisi. Setelah bertemu dengan dokter tersebut, Rafa harus cek darah dan juga rontgen tulang. Dari hasil cek darah, ketauan kalau Rafa kekurangan vitamin D dan zat besi. Hormon tiroidnya pun tinggi. Selain itu, usia tulangnya hanya 24 bulan, padahal saat ini Rafa berusia 3 tahun lebih.

Sekarang, Rafa sedang menjalani masa observasi dimana jadwal dan menu makanannya harus diatur. Sebagai ibu yang pelupa, akhirnya saya sampai buat akun instagram untuk merekam makanan Rafa setiap harinya. Bisa dilihat di: https://www.instagram.com/catatan.rafa/

Bismillah, siapapun yang membaca tulisan ini, saya dan suami mohon doa untuk kesehatan dan perkembangan Rafa. Semoga semuanya normal dan baik-baik saja. Aaamiin.

Leave a Reply