Solusi untuk si Pelupa

Umur baru 28, tapi ingatan sudah sama dengan nenek umur 60 tahun.

Siapa?

Jadi aku tuh pelupanya cukup parah. Nah, akhirnya untuk menyiasati sifat pelupa ini aku melakukan beberapa hal.

Buat Notes sebagai Wallpaper HP

Ini efektif sekali buat aku yang suka lupa mau belanja apa atau mau melakukan apa. Kadang, suami aku setiap pagi selalu chat ‘Daftar Pekerjaan’ yang harus aku lakuin hari itu, soalnya doi juga suka kesel nih kalau misalnya aku udah punya rencana apa di hari itu, tapi akhirnya malah ga dilakuin karena LUPA.

Jadi aku pasang Notes sebagai wallpaper di HP. HP kan barang yang selalu aku bawa dan cek setiap beberapa menit sekali. Notesnya aku bikin dua bagian, To Do dan Daftar Belanja. Jadi setiap inget harus belanja sesuatu atau melakukan sesuatu, akan langsung aku tulis disitu. Efektif loh guys~

Untuk aplikasi notes di HP, aku pakai Google Keep, jadi notesnya bisa di-sharing juga dengan pengguna Google lainnya.

Pakai Pouch

Buat orang pelupa dan berantakan kaya aku, nyimpen barang-barang dalam satu wadah itu sangat berguna. Selain bikin lebih rapih, barang juga ga mudah hilang karena lupa nyimpen. Di musim virus kaya gini ada 3 barang yang kudu wajib dibawa kemana-mana, yaitu hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering.

Nah aku tuh sering banget lupa bawa ketiga barang itu, karena aku suka ganti-ganti tas dan kadang lupa pindahin isi tas sebelumnya. Jadi solusinya, aku beli pouch yang bisa simpan ketiga barang tersebut dalam satu wadah.

Aku juga punya pouch untuk simpen aksesoris laptop, kaya charger, mouse, harddisk, flashdisk, earphone, dan segala macem kabel.

Pakai Bag Organizer

Buat yang suka travelling tapi pelupa, kalian harus beli Bag Organizer atau tas-tas kecil juga boleh. Jadi aku kan suka pergi ke luar kota karena pekerjaan, aku juga sering nginep di rumah mertua, dan di rumah sakit. Selalu ada aja yang ketinggalan. Akhirnya aku beli Bag Organizer, terus setiap tas nya itu aku kasih label. Misal, baju, kerudung, daleman, alat mandi, dll. Jadi setiap mau travelling, aku tinggal masukin barang sesuai label di tas itu.

Alhamdulillah dengan cara ini, aku jarang ketinggalan ini itu lagi kalau harus nginep di tempat lain.

Gambar Bag Organizer bisa kalian cari di Google ya.

Punya Buku Catatan

Selain pakai Notes di HP, aku juga suka bawa buku catatan kecil yang selalu disimpen di tas kerja/kuliah. Buku catatan ini aku pakai kalau misal aku lagi bimbingan atau rapat. Aku lebih suka nulis di buku soalnya untuk catat-catat dibanding di HP atau di Laptop.

Manfaatkan Aplikasi Kalender

Selain notes, aplikasi yang berguna buat membantu si Pelupa adalah Kalender. Kalender di HP aku penuh dengan tanda-tanda untuk menandai tanggal-tanggal penting kaya hari ulang tahun seseorang, hari kontrol ke dokter, hari-hari menstruasi (terutama kalau bulan puasa butuh banget nih menandai tanggal biar ga lupa punya hutang puasa berapa, hehe), dan hari-hari lain.

Kalau kalian gimana nih caranya untuk mengatasi sifat pelupa? Kasih tau aku dongs~

Leave a Reply